Manfaat Kalsium Bagi Tubuh Anda

Kalsium merupakan zat yang dibutuhkan sejak bayi hingga usia tua. Jumlah kebutuhan kalsium dapat dibedakan berdasar jenis kelamin dan usia. Menurut salah satu dokter ahli gizi, kebutuhan kalsium yag dibutuhkan orang Indonesia rata-rata adalah 500-800 mg per hari. Pada usia lanjut dan wanita menopause dianjurkan asupan kalsium per hari adalah 1.000 mg.

Apakah manfaat kalsium?

Kalsium mempunyai peran vital pada tulang sehingga dapat mencegah timbulnya osteoporosis. Namun kalsium yang berada di luar tulang pun mempunyai peran yang besar, antara lain mendukung kegiatan enzim, hormon, syaraf dan darah. Berikut beberapa manfaat kalsium bagi tubuh :
-Mengaktifkan syaraf
-Melancarkan peredaran darah
-Melenturkan otot
-Menormalkan tekanan darah
-Menyeimbangkan keasaman/kebasaan darah
-Menjaga keseimbangan cairan tubuh
-Mencegah Osteoporosis (keropos tulang)
-Mencegah penyakit jantung
-Menurunkan resiko kanker usus
-Mengatasi kram, sakit pinggang, wasir, dan reumatik
-Mengatasi keluhan saat haid dan menopause
-Meminimalkan penyusutan tulang selama hamil dan menyusui
-Membantu mineralisasi gigi dan mencegah pendarahan akar gigi
-Mengatasi Kaki tangan kering dan pecah-pecah
-Memulihkan gairah seks yang menurun/melemah
-Mengatasi kencing manis (mengaktifkan pankreas)
Hasil penelitian membuktikan bahwa kalsium lebih banyak dibutuhkan oleh kaum wanita daripada pria, alasannya:
  • Menghindari Ancaman Osteoporosis, saat menopouse wanita akan kehilangan  sejumlah besar  hormon estrogen yang bisa mengakibatkan penyakit osteoporosis.
  • Membantu pembentukan tulang dan gigi, 99 persen kalsium dalam tubuh tersimpan dalam tulang dan gigi.
  • Membantu pembekuan darah, tanpa kalsium darah tidak bisa membeku bila terjadi luka.
  • Menghindari sindrom pramenstruasi, pada siklus haid ketiga gejala PMS bisa dikurangi hingga 48 persen pada wanita yang menelan kalsium
  • Mengurangi resiko gejala batu ginjal, kalsium memiliki efek protektif yang mencegah penyerapan oksalat yang bisa membentuk batu di ginjal.
  • Melindungi bayi dalam kandungan, wanita yang diberi suplemen kalsium selama masa kehamilan akan memiliki anak-anak yang cukup terlindungi dari resiko hipertensi.

 

Apa sajakah yang menjadi sumber kalsium?

Sumber kalsium terbagi dua, yaitu hewani dan nabati. Bahan makanan hewani yang mengandung kalsium antara lain adalah Ikan, Udang,susu, kuning telur, dan daging sapi. Sayangnya, jika dikonsumsi berlebihan bahan hewani ini, terutama daging sapi, bisa menghambat penyerapan kalsium, karena kadar proteinnya tinggi. Kandungan proteinnya yang tinggi akan meningkatkan keasaman (pH) darah. Guna menjaga agar keasaman darah tetap normal, tubuh terpaksa menarik deposit kalsium (yang bersifat basa) dari tulang, sehingga kepadatan tulang berkurang. Karena itu, sekalipun kaya kalsium, makanan hewani harus dikonsumsi secukupnya saja. Jika berlebihan, justru dapat menggerogoti tabungan kalsium dan mempermudah terjadinya keropos tulang.
Gejala awal kekurangan kalsium adalah lesu, banyak keringat, gelisah, sesak napas, berkurang daya tahan tubuh, kurang nafsu makan, sembelit, berak-berak, insomnia, kram.
Sebaiknya sejak usia muda kita perhatikan konsumsi kalsium, supaya hari tua kita terbebas dari kerusakan tulang.
Kekurangan kalsium jelas menjadi masalah bagi tubuh terutama tulang. Pertumbuhan tulang menurut beberapa peneliti hanya bisa terjadi sampai di usia 20 tahun. Padahal remaja seumuran itu justu berhenti mengkonsumsi susu. Di Indonesia, kebiasaan minum susu hanya terjadi pada masa bayi dan balita saja. Setelah itu, mayoritas masyarakat Indonesia tidak peduli akan pentingnya konsumsi kalsium ini.

Penyakit akibat kekurangan kalsium

Seperti yang disebutkan diatas, kekurangan kalsium bisa menyebabkan 200 jenis penyakit. Beberapa penyakit yang mungkin timbul diantaranya adalah:

  1. Nyeri otot tulang
    Kekurangan kalsium menyebabkan pergerakan yang tidak normal pada seluruh otot licin dan otot jantung, sehinga tubuh kehilangan kelincahan, pengendalian keseimbangan, gerakan dan kemampuan koordinasi. Gerakan tubuh ditentukan oleh stimulasi otot tulang, sementara rangsangan otot tulang timbul karena peran kalsium yang sangat penting. Jika asupan kalsium dalam tubuh tidak memadai, maka akan terjadi nyeri pada otot tulang.
  2. Keropos tulang/osteoporosis
    Kalsium dalam tubuh berperan sebagai elemen ang memberi kekerasan pada tulang. Oleh karena itu, kalsium mampu membentuk kerangka yang mampu menanggung berat badan. Jika dalam tulang tidak terdapat endapan kalsium yang cukup, maka akan terjadi kekacauan dalam metabolisme sel tulang, hingga volume tulang berkurang.
  3. Kekebalan tubuh berkurang
    Kekuranan kalsium mampu memicu terjadinya penurunan kekebalan tubuh. Karena dengan kekurangan imunitas tubuh terhadap serangan penyakit, maka dengan sangat mudah terjangkit berbagai penyakit yang seharusnya bisa ditangkal oleh system kekebalan tubuh.
  4. Daya ingat berkurang
    Ion kalsium berperan penting dalam proses pengeluaran dan pengiriman sinyal syaraf. Rangsangan pada syaraf otak besar berhubungan erat dengan transmisi ion kalsium di dalam dan diluar neuron. Ketika organisme kekurangan kalsium, dendosignal syaraf juga mengalami hambatan mekanisme rangsangan dalam tubuh manusia juga mengalami kerudakan. Gejala pada anak anak mudah kaget, menangis di malam hari, resah, sulit tidur dan super aktif.
  5. Ganguan dalam jantung
    Jantung mengemban tugas untuk mempertahankan nyawa. Meski hanya sebesar kepalan tangan, jantung mampu mengantarkan darah setiap saat kesetiap sel dalam tubuh. Kemampuan ini berasal dari konstraksi otot jantung secara terus menerus. Padahal konstraksi dan ekspansi jantung serta penyimpanan dan pengunaan energinya tidak lepas dari pengaruh kalsium.
Akibat kekurangan kalsium dapat menimbulkan beberapa penyakit seperti disebutkan di atas. Maka dari itu mulailah mengkonsumsi kalsium demi menjaga tubuh anda dari penyakit. Anda dapat memperoleh kalsium tidak hanya dari susu saja, sayuran hijau seperti bayam, brokoli, daun pepaya, daun singkong, daun labu dan sawi. Selain itu biji-bijian (kenari, wijen dan almond) dan kacang-kacangan serta hasil olahannya (kedelai, kacang merah, kacang polo, tempe, tahu), ikan teri kering, udang kering, salmon, sardine merupakan makanan yang mengandung kalsium yang berguna bagi tubuh anda.
Kehilangan kepadatan tulang amat penting. Tulang yang rapuh bisa mengakibatkan postur tubuh yang buruk, sakit di punggung, patah tulang panggul, dan masih banyak lagi masalah kesehatan lainnya. Karena itulah fungsi kalsium amat penting untuk tulang kita. Kristal pada kalsium di dalam tulanglah yang menjaga tulang tetap kuat.
Namun, layaknya jaringan lain di dalam tubuh, tulang kita juga melepas jaringannya, dan kembali membentuk diri ketika tubuh menyerap kalsium dan menutup kekurangan pada tulang tersebut. Sejak kecil kita sudah diajarkan pentingnya membangun tulang yang kuat sedini mungkin. Tetapi ketika kita bertambah dewasa pun kalsium tetap harus dikonsumsi dalam menu harian. Sebab, ketika level kalsium dalam darah menurun, makin banyak kalsium yang diambil dari tulang, ini yang menyebabkan seseorang menderita osteoporosis. Wanita memerlukan lebih banyak zat besi dan kalsium, karena mereka memiliki siklus haid yang memungkinkan kalsium keluar berbarengan dengan darah yang keluar.
Ayo mulai konsumsi Suplemen Kalsium dari sekarang ya..

Postur badan yang tepat agar terlihat lebih tinggi

sehat-paket-agen-distributor-nhcp-shutang-supplemen-osteoporosis-pengapuran-produk-diabetes-insulin-khasiat-dosis-fungsi-manfaat-kegunaan-kalsium-susu-peninggi-tinggi-obat-badan-lesitin-lechitin-zinc-zc-zn-enzim-taurin-anak-cerdas-spirulina-kanker-stamina-kulit-jerawat-seks-ereksi-hormon-puber-gigi-tiens-tianshi-jual-harga-murah-efeksamping-hipertensi-kolesterol-kista-payudara-liver-jantung-paru-asma-rokok-nikotin-infeksi-radang-antibiotic-batuk-ocd-HGH-puasa-peninggi badan-peninggi nhcp-peninggi tiens-peninggi zinc-peninggi spirulina-pelangsing tiens-pelangsing cepat-tiens pelangsing-obat diet-penggemuk tiens-efeksamping nhcp-cepat kurus-cepat tinggi-kencing manis-diet ocd-nhcp tiens-tiens nhcp-tiens chitosan-tiens muncord-chitosan tiens-muncord tiens-zinc tiens-spirulina tiens-kalsium tiens-kalsium nhcp-belum tinggi-sertifikat halal-tiens syariah-reseller dropship-harga kalsium-harga nhcp-harga zinc-harga spirulina-harga chitosan-produk nhcp-produk zinc-produk spirulina-produk nhcp-produk tiens-produk zinc-produk spirulina-peninggi badan tiens-peninggi badan alami-peninggi badan herbal-peninggi badan super-peninggi badan cepat-peninggi badan murah-peninggi badan nhcp-peninggi badan zinc-peninggi badan spirulina-tiens peninggi badan-nhcp peninggi badan-calcium peninggi badan-supplemen peninggi badan-vitamin peninggi badan-beli peninggi badan-beli peninggi nhcp-beli peninggi tiens-beli peninggi zinc-beli peninggi spirulina-jual peninggi tiens-jual peninggi nhcp-jual peninggi badan-jual produk tiens-jual paket nhcp-jual paket zinc-jual paket tiens-jual obat tinggi-jual paket peninggi-obat pengurus badan-obat diet nhcp-obat penambah gemuk-obat tambah berat-obat kuat tiens-obat kuat nhcp-obat tinggi murah-obat kurus aman-obat kurus alami-obat diet aman-obat diet alami-obat asam urat-obat kolesterol tiens-obat jantung tiens-obat gemuk tiens-obat kurus efeksamping-efeksamping peninggi nhcp-efeksamping peninggi tiens-dosis pemakaian tiens-produk pelangsing tiens-paket pelangsing tiens-jiang tze tea-jiang zhi tea-bukti peninggi badan-peninggi badan terbukti-testimony peninggi badan-kesaksian peninggi badan-fungsi peninggi badan-fungsi zinc tiens-fungsi spirulina tiens-manfaat peninggi badan-manfaat zinc tiens-manfaat spirulina tiens-human growth hormone-paket puasa nhcp-puasa ocd tiens-paket puasa tiens-tiens paket puasa-nhcp paket puasa-ocd paket puasa-pelangsing tiens ocd-tiens pelangsing ocd-zinc peninggi badan-cara pakai tiens-cara minum tiens-penggunaan nhcp benar-tips peninggi badan-cara cepat tinggi-cara cepat kurus-cara cepat gemuk-kalsium tiens nhcp-paket peninggi badan-paket peninggi tiens-paket peninggi nhcp-harga paket peninggi-harga paket nhcp-harga paket zinc-harga paket spirulina-dilarang peninggi badan-peninggi badan bohong peninggi badan penipu-peninggi badan gagal-penurun berat badan tiens-efeksamping peninggi badan tiens-kesaksian peninggi badan tiens-kesaksian peninggi badan nhcp-paket puasa ocd nhcp-peninggi badan tiens ocd-ocd tiens peninggi badan-jual peninggi badan ocd-cara menambah tinggi badan-cara memaksimalkan produk peninggi-cara mengoptimalkan produk peninggi-agen resmi peninggi badan-jual peninggi badan murah-jual peninggi badan nhcp-jual peninggi badan tiens-jual peninggi badan zinc-jual peninggi badan spirulina-jual obat tinggi badan-jual obat tinggi murah-paket peninggi badan murah-paket peninggi badan tiens-paket peninggi badan nhcp-paket peninggi badan zinc-paket peninggi badan spirulina-harga paket peninggi badan-harga paket peninggi nhcp-harga paket peninggi zinc-harga paket peninggi tiens-harga paket peninggi spirulina-peninggi badan tiens murah-peninggi badan nhcp murah-peninggi badan zinc murah-peninggi badan spirulina murah-jual paket peninggi badan tiens-jual paket peninggi badan nhcp-jual paket peninggi badan zinc-jual paket peninggi badan spirulina-peninggi badan nhcp dan zinc-pemesanan online kalsium peninggi badan tiens-cara beli nhcp kalsium peninggi badan

Kompas – Kekuatan punggung memengaruhi postur tubuh, termasuk cara berdiri hingga penampilan secara keseluruhan. Anda terlihat lebih tinggi 2 sentimeter jika posisi tubuh tepat. Seperti para penari yang terlihat berpostur panjang padahal badan mereka tak tinggi.

Laura Halzack dari Paul Taylor Dance Company berbagi rahasia mengapa para penari cenderung terlihat lebih tinggi. “Kuncinya pada kekuatan punggung. Jika punggung kuat, tubuh terbiasa dengan postur yang tepat dan membuat Anda terlihat lebih tinggi,” jelasnya. Nah, kebiasaan ini bisa dilatih dengan melakukan tiga jenis latihan yang bisa bikin tubuh terlihat lebih tinggi.

1. Posisi menjungkir ke bawah
Posisi seperti pose yoga ini punya dua manfaat, melatih kekuatan sekaligus meregangkan tubuh. Luruskan kedua kaki, angkat tulang ekor ke atas, turunkan tubuh Anda dengan kedua tangan lurus dengan bahu. Posisinya seperti huruf v terbalik. Atur napas seperti biasa, hitung hingga delapan kali, lalu istirahat. Ulangi lagi posisi ini dua kali.

2. Peregangan pada punggung
Silangkan jari-jari tangan di belakang leher, perlahan turunkan badan, seakan Anda menarik kepala menuju ibu jari kaki. Tarik semaksimal mungkin. Lalu tahan 4-5 hitungan napas. Lanjutkan gerakan dengan tangan berusaha menyentuh ibu jari kaki. Kemudian angkat tubuh dan kepala Anda ke atas dengan mengandalkan kekuatan perut. Gerakan peregangan ini menyasar tulang selangkangan dan tulang belakang. Ulangi gerakan ini tiga kali.

3. Melatih leher dan tulang belakang
Siapkan beban berbobot 1 kilogram seperti buku tebal atau benda lainnya yang bisa ditaruh di atas kepala. Latih keseimbangan tubuh dengan cara meletakkan beban 1 kg di atas kepala. Tahan posisi ini selama satu menit. Pastikan posisi leher tetap tegak, tidak menekuk. Posisi bahu netral tidak terangkat. Konsentrasi pada napas Anda. Latihan keseimbangan ini membiasakan tubuh untuk tetap tegak dan memperkuat tulang belakang. Dengan postur seperti ini, tubuh Anda terlihat lebih tinggi.

Selamat mencoba dan dapatkan postur yang baik agar badan terlihat lebih tinggi.

Pin BBM : D42DEBAF untuk Info dan konsultasi.

WhatsApp chat